Myspace Marquee Text - http://www.marqueetextlive.com

Rabu, 23 Januari 2013

"Mata Minus"


"Mata Minus"

Mata minus, nama lain dari rabun jauh dan miopi merupakan salah satu dari penyakit mata. Seorang yang memiliki mata minus tidak dapat melihat objek dari jarak jauh. Sementara objek yang berada di dekatnya dapat dilihat dengan jelas. Agar dapat melihat dengan jelas dalam jarak jauh, penderita mata minus harus menggunakan kacamata berlensa cekung.  Mata minus dapat disebabkan oleh  otot-otot sekitar mata bekerja lebih keras dalam mengamati sebuah objek dengan jarak dekat. Untuk itu, perlu diketahui beberapa kegiatan yang dapat mencegah mata kita dari penyakit mata minus.

1.     Jika senang membaca buku, lakukan kegiatan ini dengan posisi duduk yang benar dan sesuaikan dengan pencahayaan ruang yang terang. Hindarkan membaca buku sambil tiduran dan kurang pencahayaan.
2.     Jika sering mengerjakan pekerjaan kantor ataupun tugas di depan komputer, setting pencahayaan layar monitor dengan tingkat kecerahan yang tepat, jangan terlalu terang karena akan menyebabkan mata lelah. Biasakan untuk selalu mengistirahatkan otot mata setiap 20-30 menit dengan melihat beberapa objek di sekitar kita.
3.      Posisikan jarak pandang yang benar dan sesuai anjuran ketika menonton TV. Jarak pandang yang paling disarankan adalah 5 x ukuran layar televise.
4.     Atur dan tata rumah dengan penataan yang lega. Letakkan setiap objek dalam jarak cukup jauh sehingga mata dapat berkontraksi normal.
5.     Makan makanan yang bergizi, terutama sayuran dan buah-buahan  yang mengandung Vitamin A, betakaroten, ekstrak billberry, alpukat, dan lain sebagainya.

Memiliki mata minus, bagi sebagian orang dianggap biasa karena menggangap hal tersebut bukan penyakit yang bisa disembuhkan. Apalagi, saat ini memakai kaca mata merupakan sebuah tren fashion dengan berbagai framenya yang lucu dan menarik. Selain itu, adanya kontak lensa membuat penderita penyakit mata minus lupa akan peluang untuk matanya sehat kembali. Akan tetapi, ada beberapa penderita yang berkeinginan untuk sembuh dan terbebas dari ketergantungan kaca mata dan berkeinginan untuk mengobati mata minusnya.

Mengobati mata minus dapat dilakukan dengan latihan otot mata yang bisa menjadikan bola mata menjadi bulat sempurna. Mata minus memiliki kondisi mata yang paling mudah untuk disembuhkan secara alami dilengkapi dengan nutrisi yang tepat. Selain itu, ada beberapa cara medis lainnya yang bisa dicoba dengan hasil yang baik, seperti operasi mata laser (LASIK, Lasek, PRK, dll) atau operasi implantasi lensa korektif.

Ada juga latihan mata yang dapat mengurangi ketegangan mata dan mungkin memperlambat perkembangan bertambahnya mata minus.

Kita menyadari dan percaya  bahwa  buah sangat bermanfaat untuk kesehatan, tetapi banyak juga yang tidak benar-benar mengetahui apa manfaat yang sebenarnya  buat kesehatan. Artikel ini akan menginformasikan lebih jauh tentang manfaat buah untuk kesehatan dan perannya dalam mencegah penyakit.

Mata merupakan jendela hati. Demikian kata pepatah mengatakan. Memang benar, dari mata kita dapat mewakili semua rasa yang ada. Sorot mata memiliki arti bahkan manusia dapat berkomunikasi hanya melalui tatap mata. Mata juga tak mampu menyembunyikan sebuah kebohongan. Betapa dahsyat fungsi mata selain mampu menunjukkan kepada kita akan indahnya dunia. Namun tahukah Anda apa yang baik untuk mata? Ya, mata perlu sehat dan kita akan membicarakan tentang manfaat buah untuk kesehatan mata.

Buah selain enak dimakan, menyegarkan tubuh sekaligus menyehatakan tubuh, juga memiliki berjuta manfaat lain. Salah satunya adalah untuk meningkatkan kesehatan mata. Bagaimana bisa? Ya, di dalam berbagai jenis buah terkandung suatu komponen zat warna yang disebut sebagai beta karoten. Beta karoten ini dapat mengaktifkan pro vitamin A menjadi vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan meningkatkan daya akomodasi. Beta karoten terdapat di dalam buah-buahan khususnya yang berwarna kuning, jingga atau kemerahan. Sebagai contoh adalah buah mangga, papaya, jeruk, apel, semangka, melon. Kalau buah berwanra merah, kunging, jingga, oranye sudah Nampak jelas mengandung karoten, buah apel berwarna hijau serta pir ternyata juga mengandung beta karoten dalam kadar cukup tinggi.

Selain meningkatkan daya akomodasi, adanya beta karoten di dalam buah mampu mengobati katarak bahkan glaucoma. Khasiat buah untuk kesehatan mata juga diperankan oleh adanya kadar lutein tinggi seperti terdapat pada buah kiwi, pisang, jambu juga dapat mengobati katarak. Kadar vitamin C yang tinggi pada buah juga dapat menguatkan jaringan ikat pada area mata serta memperlancar peredaran darah. Vitamin C juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga membantu tubuh mengurangi terjadinya infeksi pada mata.

Beberapa buah yang mengandung minyak esensial seperti buah zaitun, buah strawberry bagus untuk mata, khususnya dalam proses membersihkan mata serta mengobati mata radang. Juga dapat mengobati katarak. Kandungan folat, kalsium serta kalium di dalam beberapa jenis jeruk, pisang, salak. Betapa besar manfaat buah untuk kesehatan mata.


*(Artikel Kesehatan/Mata Minus, SENY INDRIANI 9B/No.33)*



Tidak ada komentar:

Posting Komentar