Myspace Marquee Text - http://www.marqueetextlive.com

Rabu, 23 Januari 2013

“Meningkatkan Minat Baca Siswa”


Assalamu’alaikum wr.wb.

Bismillahirrahmanirrahim.

            Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua. Yang saya hormati Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya sayangi. Alhamdulillah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kesehatan kepada kita semua sehingga kita semua dapat berkumpul pada kesempatan kali ini. Shalawat kita kirimkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, kepada keluarganya, para sahabatnya, dan kepada kita sebagai pengikutnya, yang selalu taat tunduk dan patuh kepada-Nya. Pada kesempatan kali ini, izikanlah saya untuk menyampaikan pidato yang saya beri judul “Meningkatkan Minat Baca Siswa”.

Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya banggakan.

             Buku adalah jendela dunia, dengan membaca kita bisa menjelajah dunia. Namun sayangnya, semboyan tersebut hanya dipergunakan sebagai penghias semata. Pada kenyataanya, minat baca pada kalangan siswa-siswi sekolah masih memiliki tingkat kesadaran yang rendah. Namun sebenarnya membaca memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya kita terhindar dari kebodohan, kita pun bisa meningkatkan konsentrasi pada diri kita, selain itu kita dapat menjadi tahu akan sesuatu hal yang kita tidak tahu sama sekali, kita juga dapat mengembangkan kefasihan dalam bertutur kata dan juga mengungkapakan sesuatu secara lisan dengan mudahnya. Selain itu pun membaca dapat menghilangkan rasa stress. Dari manfaat-manfaat tersebut dapat disimpulkan, bahwa membaca itu penting sekali, karena dengan membaca kita dapat meperoleh informasi-informasi atau ilmu pengetahuan yang tidak hanya bermanfaat bagi kita namun bagi semua orang.Setelah mengetahui pentingnya membaca, alangkah baiknya apabila kita meningkatkan kebiasaan dalam membaca. Seperti halnya di sekolah kita ini yang memiliki kegiatan setiap paginya yaitu membaca artikel atau buku-buku yang telah dibawa oleh masing-masing siswa-siwinya. Ketahuilah sekolah kita itu mempunyai slogan yaitu ”Sekolahku Membaca”, artinya sekolah kita lebih mengedepankan untuk selalu terus membaca dan membaca, mungkin tujuannya supaya kita memiliki wawasan dan ilmu-ilmu dari buku kita yang baca setiap harinya.Mungkin siswa-siswi sekolahan tidak terbiasa dengan yang namanya “membaca”, namun jika terus-menerus dilatih sejak dini maka kegiatan membaca akan terbiasa dan tentu saja akan memperoleh manfaat yang sangat luar biasa.

Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya cintai,

            Banyak cara untuk meningkatkan minat membaca bagi kita. Pertama, ciptakan suasana nyaman pada saat membaca. Yang perlu diperhatikan suasana kenyaman membaca ialah mengatur jarak membaca minimal 30cm, tidak dalam posisi tidur, dan carilah tempat membaca dengan sumber penerangan yang baik. Kedua, lakukan kegiatan membaca secara bertahap. Misalnya dari selembar artikel, bertahap ke buku yang tipis hingga ke buku yang tebal. Dan cermati secara maksimal apa yang sudah kita baca, dan yang terakhir sampaikan apa yang dibaca kepada orang lain agar lebih bermanfaat.

            Oleh karena itu, marilah kita jadikan membaca sebagai sebuah rutinitas dan menyebabkan membaca sebagai kebiasaan setiap hari. Maka kita akan merasakan manfaat-manfaat yang besar, yang timbul karena kegiatan membaca tersebut.

            Demikianlah pidato yang saya dapat sampaikan, saya harap semua teman-teman terbiasa dengan yang namanya membaca, karena membaca adalah gudangnya ilmu. Sekian pidato dari saya, mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati Bapak/Ibu guru dan teman-teman. Saya akhiri dengan.

Wassalamualaikum wr.wb.







TERIMA KASIH!!! ʃƪ˘) ˘)ε˘`)
SEMOGA BERMANFAAT TEMAN!!! ƪˆ)ʃ



by created : SENY INDRIANI/IX-B/No.33/SMP Negeri 33 Bandung (‾‾)

1 komentar: